DIKLAT SAR BANTALA SMA N 1 WAY JEPARA ANGKATAN 4


Diklat-Sar  atau Pendidikan latihan dasar BANTALA SMA N 1 Way Jepara Angkatan 4 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni sampai dengan 20 Juni 2012. Diklat-Sar tersebut di ikuti sebanyak 17 orang antara lain Abdullah Masykur, Agung Dupi Irawan, Ali Wibowo, Bil Mustakim, Desi Wulandari, Erlanda Saputra, Eka Nur Farida, Eko Leonaldi, Imam Nur Muchlas, Khersna Laksiana, Laurina Sintia Dewi, Nana Maulana, Naning Rahayu, Rinaldi Nur Rahman P, Susanti, Yadunandana, dan Yuliana.
Minggu , 17 Juni 2012,
Diklat-Sar BANTALA di awali dengan upacara pembukaan,sambutan, doa dan laporan ketua pelaksana. Upacara dipimpin oleh Ketua Umum BANTALA yaitu Lia Mustika dan sambutan dari Bpk. Oyong Kurniawan selaku Pembina BANTALA SMA N 1 Way Jepara yang di dampingi oleh MAPALA UNILA.








Setelah upacara pembukaan di lanjutkan dengan materi ruangan yang di isi oleh MAPALA UNILA dan Panitia. Materi yang disampaikan antara lain :
1.       Materi Mencintai Alam dan Lingkungan
2.       Materi Rock Climbing



                Kemudian kegiataan dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA kami bersiap melakukan season repling di Danau. Pukul 16.30 acara repling selesai dan kami kembali kesekolah,sesampainya disekolah kami bersiap untuk evaluasi dan pulang kerumah.



Senin , 18 Juni 2012, 



          
            Pukul 07.00 kami kumpul kembali berkumpul di sekolah. Sesampainya di sekolah kami langsung membersihkan lingkungan sekolah dan memeriksa perlengkapan packking kami sebelum berangkat ke lokasi Diklat-Sar. Pukul 08.00 kami berangkat ke lokasi di Srimenanti dengan menaiki truk.
               
Setelah sampai di pos kami long march menempuh jarak kurang lebih 10 km untuk menuju ke lokasi, kami tidak hanya long march tetapi juga melewati beberapa medan seperti berjalan di lumpur, melewati sungai dan jalan jongkok.

Pukul 12.00 kami sampai di lokasi, kami langsung ISHOMA dan mendirikan bifak sampai dengan pukul 14.00. Pukul 16.00 kami ISHOMA sampai dengan pukul 19.00. Acara di lanjutkan dengan materi kekeluargaan, setelah selesai kami mengikuti renungan malam sebelum tidur. Pukul 22.00 kami pun tidur.
                                                  




 Selasa, 19 Juni 2012,
Pukul 05.00 kami bangun dan segera sholat subuh dan siap mandi. Setelah mandi kami mengikuti kegiatan yaitu menerapkan materi survival di alam bebas dari pagi hingga malam hari. Ketika baru mengginjak setengah hari kami semua mabuk dikarenakan kami mengkonsumsi gadung yang kami temukan. Akhirnya kami di beri waktu untuk makan dan memulihkan keadaan kami. Sekitar pukul 14.00 kami mulai games yang diberikan oleh kanjeng dari MAPALA UNILA.
Pukul 16.00 kami ISHOMA dan persiapan kegiatan selanjutnya. Ketika hari sudah menginjak malam kami memulai games kembali dan sharaing serta curhat bersama saudara-saudara. Setelah acara tersebut kami tidur .
Rabu, 20 Juni 2012,
                Pagi- pagi sekali kami dibangunkan oleh kakak – kakak untuk persiapan menuju ke lokasi penyematan atau prosesi. Ketika kami menuju ke lokasi penyematan kami melewati pinggiran sawah, merayap dalam lumpur, mendaki sebuah tanjakan, serta menyusuri kali hingga tempat penyematan. Sampai di tempat penyematan kami langsung mengikuti prosesi upacara pelantikan dan penyematan bandana serta  diiringi dengan lagu “syukur”.

                Setelah penyematan selesai kami kembali lagi ke tempat kami nge-camp untuk ganti pakaian dan mandi. Sesampainya di sana kami berkumpul sebentar kemudian menerima  intruksi untuk membersihkan badan kami dan pemberian nama angkatan. Kemudian kami menerima nama angkatan, kami melakukan syukuran dan foto bersama.
                Acara selanjutnya kami melakukan penanaman dan bakhti sosial di sekitar permukiman warga. Setelah selesai kami menunggu mobil transport untuk kembali ke sekolahan. Sesampainya di sekolah kami beristirahat sebentar kemudian evaluasi dan sharing . Akhirnya kami pulng kerumah masing-masing.

Leave a Reply