Lomba Orienteering & Konservasi


PERATURAN & KETENTUAN LOMBA ORIENTEERING

1.    Peserta adalah siswa/i yang sedang aktif di tingkat SMP & sederajat, Pramuka, PMR.
       Jumlah peserta 1 team 3 orang (Putra/Putri)
       Setiap sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari 2 team.
2.    Terdiri dari 3 pos yang harus di lalui peserta.
3.    Peserta wajib mengerjakan SOAL di setiap POS.

    Catatan :
    -        Waktu mengerjakan soal maksimal 10 menit disetiap pos + 5 menit untuk istirahat.
    -        Peserta hanya dapat mengerjakan SOAL dan LANJUT ke POS selanjutnya jika jumlah peserta  dalam 1 team sudah lengkap. Apabila dalam 1 team sudah terdapat peserta yang CIDERA/tidak dapat melanjutkan perjalanan, maka team tersebut dapat melanjut ke pos selanjutnya dengan TANDA TANGAN di POS tersebut tetapi di setiap pos TIDAK DAPAT MENGERJAKAN SOAL.
4.    Peserta harus MENJAGA keamanan BARANG masing-masing seperti uang, hp, perhiasan dll. Apabila terjadi kehilangan karena KELALAIAN peserta maka panitia tidak bertanggung jawab.
5.    Peserta WAJIB membawa perlengkapan pribadi seperti jas hujan, sepatu, logistik (makanan) dan obat-obatan pribadi.
    Catatan :
    -        Panitia hanya menyiapkan obat-obatan yang bersifat UMUM dan TIDAK menyediakan obat-obatan yang bersifat KHUSUS (Perorangan).
    -        Jika terjadi CIDERA yang menyebabkan peserta tidak dapat melanjutkan kegiatan perlombaan maka akan di evakuasi dan dibawa ke puskesmas (jika itu perlu).
6.     Peserta tidak diperkenankan untuk MENGANGGU peserta yang lain, jika peserta terbukti mengganggu peserta lain maka akan dikenai sanksi dari panitia (Pengurangan nilai/Diskualifikasi).
7.    Peserta DILARANG berkomunikasi dengan pihak lain, jika peserta terbukti melanggar maka akan dikenai SANKSI dari panitia (Pengurangan nilai/Diskualifikasi).
8.    Peserta WAJIB datang sekurang-kurangnya 1 jam sebelum acara pemberangkatan & mengikuti OPENING CEREMONIAL. Jika peserta datang SETELAH pemberangkatan maka di anggap GUGUR.
9.    Peserta DILARANG merusak segala sesuatu selama mengikuti lomba baik itu sarana / Kelestarian Alam.
    Catatan :
    -        Jika peserta melanggar ketentuan, tidak mentaati aturan persyaratan dalam lomba dan terbukti melakukan kecurangan maka akan di kenai SANKSI dari panitia.
10.    Peserta BERSEDIA mentaati segala peraturan yang telah di tetapkan oleh panitia.
    Catatan :
    -        Apabila terdapat peserta yang TIDAK TAAT terhadap peraturan yang telah ditetapkan maka akan DISKUALIFIKASI.
11.    Keputusan juri tidak dapat di ganggu gugat.


PENDAFTARAN LOMBA

1.    Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 14 Desember s/d 24 Januari 2013 atau ditutup sewaktu-waktu jika jumlah peserta telah mencapai target.
    Catatan :
    -       Jika pendaftaran telah ditutup maka peserta yang belum mendaftar tidak dapat mengikuti jalannya perlombaan orienteering.
2.      Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kepada panitia dengan melampirkan :
    a.      Poto copy kartu pelajar yang belum habis masa berlakunya.
    b.      Surat keterangan sehat dari dokter (asli).
    c.      Pas photo 3x4 sebanyak 2 lembar untuk setiap regu.
    d.      Surat pengantar/surat tugas dari sekolah.
    e.      Biaya pendaftaran Rp 25.000,-/regu
    Catatan :
    -       Point a-c dapat tidak dibawa yang wajib d-e, tapi alangkah baiknya untuk melengkapi semua untuk tertib administrasi.


TECHNICAL MEETING

Technical meeting dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2013 di SMA Negeri 1 Way Jepara.
Catatan : Pengambilan nomor urut peserta dilaksanakan pada technical meeting dengan cara undian. Untuk peserta yang tidak hadir saat technical meeting akan mendapatkan nomor undian sisa dari peserta yang hadir saat technical meeting.


PENILAIAN PESERTA

Penilaian juara dilakukan secara terbuka dan dapat di saksikan peserta dengan kriteria :

a.      Kelengkapan lomba, kekompakan, kerapian, sesuai dengan persyaratan yang telah diintruksikan oleh panitia.
b.      Etika yang berlaku di masyarakat.
c.      Peserta lomba dapat mengambil soal di tiap pos apabia anggota team lengkap.
    Catatan :
    -        Peserta hanya dapat mengerjakan SOAL dan LANJUT ke POS selanjutnya jika jumlah peserta dalam 1 team sudah lengkap. Apabila dalam 1 team sudah terdapat peserta yang CIDERA/tidak dapat melanjutkan perjalanan, maka team tersebut dapat melanjut ke pos selanjutnya dengan TANDA TANGAN di POS tersebut tetapi di setiap pos TIDAK DAPAT MENGERJAKAN SOAL.
d.      Juara akan diumumkan pada upacara penutupan setelah packing & istirahat selesai.
    Catatan :
    -        Panitia dapat merubah, menambah atau mengurangi ketentuan diatas jika diperlukan.


HADIAH YANG DIPEREBUTKAN

1.       Piala bergilir Kepala SMA Negeri 1 Way Jepara + Uang Tunai + Piagam
2.       Juara 1 beregu Putra mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam
3.       Juara 2 beregu Putra mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam
4.       Juara 3 beregu Putra mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam
5.       Juara 1 beregu Putri mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam
6.       Juara 2 beregu Putri mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam
7.       Juara 3 beregu Putri mendapatkan Piala + Uang Tunai + Piagam



LAIN-LAIN

1.       Panitia mendapatkan fasilitas 1 tanda peserta dan kartu kontrol untuk setiap team.
2.       Pengarahan peserta dan pengundian nomor dilaksanakan pada Technical Meeting.
3.       Formulir pendaftaran dapat diperbanyak oleh peserta.
4.       Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke sekretariat Bantala / ke CP. (Rinaldi & Laurina)

Leave a Reply